Polling

Bagaimanakah Pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tahun 2018

Berita Terbaru 13 Oktober 2018 14:28:13 WIB Bidang Dikdas dibaca 127 kali

Rabu, 9/10/2018 Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen melaksanakan pendampingan penilain kegiatan Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tahun 2018 (Seleksi Tahap II) oleh Tim Penilai dari Provinsi Jawa Tengah di SDN 1 Kutosari dan SDN 4 Kutosari Kecamatan Kebumen sebagai wakil peserta dari Kabupaten Kebumen.

Sekolah Dasar berbudaya mutu ini adalah Sekolah Dasar yang memberikan layanan prima yang merefleksikan budaya mutu. Budaya Mutu Sekolah Dasar tercermin pada komponen-komponen :

(1)  pembelajaran intrakurikuler yang efektif,

(2)  kegiatan ekstrakulikuler yang mendukung pembentukan karakter peserta didik,

(3)  kepemimpinan kepala sekolah disertai dengan manajemen berbasis sekolah,

(4)  pengelolaan perpustakaan yang mendukung pembelajaran yang efektif dan

       menumbuhkembangkan budaya baca warga sekolah, dan

(5)  lingkungan sekolah yang merefleksikan kondisi bersih, rapih dan sehat.

Tujuan dari Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar ini adalah untuk mewujudkan sekolah dasar yang memiliki budaya mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan.

Sasaran Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar sebanyak 1.542 sekolah dasar (jumlah nasional) yang diusulkan oleh masing-masing Kabupaten/Kota dan telah lulus seleksi awal (administrasi secara isian darling (online). Untuk SDN 1 Kutosari dan SDN 4 Kutosari Kebumen telah lolos seleksi Tahap I dan Tahap II.

Tahap I ( Studi Dokumentasi Portofolio Sekolah ). Tim Penilai akan memilih dan menetapkan 140 sekolah untuk mengikuti penilaian tahap berikutnya berupa visitasi lapangan.
Tahap II ( Visitasi ) Visitasi Sekolah dilakukan oleh tim penilai kepada sekolah untuk melakukan observasi dan penggalian informasi kepada Kepala Sekola, Guru, Siswa, Orang Tua dan Tokoh Masyarakat. Berdasarkan hasil visitasi akan ditetapkan 120 sekolah sebagai finalis yang akan mengikuti penilaian tahap grand final.

Dengan semangat dan dorongan dari semua pihak semoga SDN 1 Kutosari dan SDN 4 Kutosari Kebumen lolos ke tahap III (grand final) yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2018 di Solo, Jawa Tengah serta meraih kejuaraan dengan hasil maksimal.