Polling

Bagaimanakah Pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen 2019?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2018

Berita Terbaru 27 Maret 2018 15:09:06 WIB Sekretariat dibaca 444 kali

Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen melakukan sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP). Sosialisasi diikuti seluruh Kepala UPTD, Kepala SMP Negeri/Swasta dan di Aula 2 Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Senin dan Selasa (26,27/03/2018).

Sosialisasi PIP tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebumen diwakili oleh Sekretaris Drs.H.Sudirman di dampingi Subbag Perencanaan Endang Widuri,S.Sos, menyampaikan, "Peran Dinas Pendidikan Kabupaten adalah mensosialisasikan dan mengkoordinasikan PIP kepada seluruh sekolah dan masyarakat di wilayahnya, memantau dan mendorong sekolah untuk memutakhirkan data siswa calon penerima BSM/PIP yang memilki KPS/KKS/KIP ke dalam aplikasi Dapodik secara benar dan lengkap".

Jumlah peserta sosialisasi ini sebanyak 114 orang dari SMP Negeri Swasta dan 26 Kepala UPTD Kecamatan beserta Kepala TU dan Bendahara.


Narasumber dalam sosialisasi ini hadir Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar Kemendikbud, Johni Subroto, S.sos. M.Pd, menyampaikan banyak hal tentang Program PIP, tentang tujuan Program PIP, sasarannya, manfaatnya, mekanisme pengusulan, mekanisme penyaluran dan lainnya.

Dalam presentasinya disampaikan pula bagi masyarakat kurang mampu yang ingin mendapatkan KIP tidak dapat langsung serta merta mendaftar di Dinas Pendidikan tetapi melalui mekanisme berjenjang pada pemerintahan yang berkewenangan. Dari mulai Forum Konsultasi Publik Di Desa, Kecamatan, Kabupaten kemudian diusulkan ke TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) untuk diperbaharui pada BDT (Basis Data Terpadu) Pusat yang kemudian akan dipergunakan oleh Kementerian Sosial, Pendidikan ataupun yg lainnya.