Polling

Bagaimanakah Pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Rakor Pengendalian Operasional Pembangunan Kegiatan TW 1

Berita Terbaru 16 April 2018 15:28:49 WIB Sekretariat dibaca 129 kali
Senin 16/4/2018 Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen menyelenggarakan RAKORPOP/K Triwulan I bertempat di Ruang Rapat 2 Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen.

Peserta undangan adalah Kabid, Kasi, Kasubag beserta bendahara di Lingkunagn Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Kepala UPTD, Kepala Tata Usaha Dinas Pendidikan Unit Kecamatan, Kepala UPT SKB Kabupaten Kebumen, Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha SMP Negeri se-Kabupaten Kebumen.

Narasumber pada RAKORPOP/K TW 1 ini Kepala Dinas Pendidikan Kab.Kebumen, BPKAD, BAP3DA, Bagian Pembangunan Setda Kabupaten Kebumen dan dari Inspektur Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan " bukanlah hal yang mudah untuk mencapai apa yang telah kita rencanakan bersama, karena berbagai kendala dijumpai baik yang disebabkan secara internal maupun sebab eksternal. Hal ini menjadi perhatian yang cukup serius bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen karena berdasarkan evaluasi pada akhir Desember 2017 yang lalu, penyerapan anggaran kegiatan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen terdapat deviasi 8,16%. Dengan capaian kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen tersebut, tentu menjadi pelajaran besar yang harus kita perhatikan yaitu konsistensi dan kedisplinan sangat diperlukan dalam melaksanakan apa yang menjadi rencana target sehingga realisasi anggaran kegiatan dapat tercapai. Kita juga melakukan perbaikan prosedur pada pelaksanaan kegiatan-kegiatan di Dinas Pendidikan yaitu dengan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Identifikasi resiko sebagai bentuk implementasi sistem Pengendalian Internal pemerintah. Selain itu koordinasi efektif juga dilakukan oleh sekretariat dan masing-masing bidang dengan memanfaatkan teknologi informasi baik melalui email maupun group Whatsapp untuk sharing informasi dan pengendalian internal. Pada akhir Triwulan I ini kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena upaya perbaikan yang kita lakukan membawa hasil yang baik, saat ini Deviasi keuangan Dinas Pendidikan sebesar 0,86% yaitu dari target 2,14% terealisasi 1,29%. Hal tersebut bukan tanpa evaluasi, karena masih terdapat beberapa bidang yang deviasinya melebihi 10%, tetapi tentunya ada alasan yang mempengaruhi deviasi tersebut ".

Tujuan dari RAKORPOP/K kegiatan ini adalah dalam rangka upaya pengendalian pelaksanaan pembangunan/kegiatan secara terpadu khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen yang bertujuan untuk mendapatkan cara pemecahan terbaik apabila terjadi permasalahan di tiap-tiap pembangunan/kegiatan dan menekan tingkat penyimpangan dalam pelaksanaannya.