Polling

Bagaimanakah Pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen 2019?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Dinas Pendidikan Ikut dalam Karnaval Pembangunan 2018

Berita Terbaru 18 Agustus 2018 11:50:03 WIB Sekretariat dibaca 198 kali

Sabtu (18/8) Dinas Pendidikan kembali berpartisipasi dalam Karnaval Pembangunan Tahun 2018 dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Kebumen.

Dinas Pendidikan mengusung Tema "Ki Bagus Bodronolo" yaitu  Tokoh yang tidak bisa lepas dari sejarah Kabupaten Kebumen. Menurut sejarahnya, Panjer berasal dari tokoh yang bernama Ki Bagus Bodronolo.Pada waktu Sultan Agung menyerbu ke Batavia ia membantu menjadi prajurit menjadi pengawal pangan dan kemudian diangkat menjadi senopati. Ketika Panjer dijadikan menjadi kabupaten dengan bupatinya Ki Suwarno( dari Mataram ), Ki Bodronolo diangkat menjadi Ki Gede di Panjer Lembah ( Panjer Roma ) dengan gelar Ki Gede Panjer Roma I, Pengangakatan tersebut berkat jasanya menangkal serangan Belanda yang akan mendarat di Pantai Petanahan sedangkan anaknya Ki Kertosuto sebagai patihnya Bupati Suwarno.Demang Panjer Gunung, Adiknya Ki Hastrosuto membantu ayahnya di Panjer Roma, kemudian menyerahkan jabatannya kepada Ki Hastrosuto dan bergelar Ki Panjer Roma II. Tokoh ini sangat berjasa karena memberi tanah kepada Pangeran Bumidirja. yang terletak di utara Kelokan sungai Lukulo dan kemudian dijadikan padepokan yang amat terkenal. Kedatangan Kyai P Bumidirja menyebabkan kekhawatiran dan prasangka, maka dari itu beliau menyingkir ke desa Lundong sedang Ki panjer Roma II bersama Tumenggung Wongsonegoro Panjer gunung menghindar dari kejaran pihak Mataram. Sedangkan Ki Kertowongso dipaksa untuk taat kepada Mataram dan diserahi Penguasa dua Panjer, sebagai Ki Gede Panjer III yang kemudian bergelar Tumenggung Kolopaking I ( karena berjasa memberi kelapa aking pada Sunan Amangkurat I ). dari Veri I dapat disimpulkan bahwa lahirnya Kebumen mulai dari Panjer yaitu tanggal 26 Juni 1677 (kebumenkab.go.id).

Rute yang ditempuh peserta dari  Alun-alun Kebumen-Jalan Pahlawan-Jalan A Yani-Jalan Kutoarjo-Jalan Tentara Pelajar-Jalan HM Sarbini-Mertokondo-Tembana-Jalan Lingkar Pejagoan-Lampu Bangjo Pejagoan-Jalan Ronggowarsito dan berakhir di Alun-alun Kebumen. Sedangkan panggung kehormatan akan ditempatkan di depan dealer Mataram Sakti Jalan Pahlawan