Arsip Berita Terbaru

Polling

Bagaimanakah Pelayanan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Paparan Hasil Evaluasi Dan Tindak Lanjut Kampung Inggris Kebumen

Berita Terbaru 24 Agustus 2017 11:53:30 WIB dikmas dibaca 105 kali

Kampung Inggris Kebumen (KIK) adalah salah satu program inovasi Bupati di Kabupaten Kebumen. Program kursus untuk siswa – siswi sekolah/madrasah ini sudah berjalan sejak bulan September tahun 2016 dan sudah meluluskan peserta sejumlah 2.428 siswa dari 147 sekolah/ madrasah se Kabupaten Kebumen.

Terhadap pelaksanaan Kursus di KIK sebagai bahan evaluasi, ditindaklanjuti dengan survey secara online dengan responden kepala sekolah/madrasah, guru pendamping, dan siswa peserta kursus.

Rapat Evaluasi dan Tindak lanjut KIK yang diselenggarakan pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2017 dimaksudkan sebagai diseminasi hasil analisis data yang didapat dari survey tersebut.

Hadir dalam undangan rapat tersebut  kepala OPD terkait, DPRD Kebumen, Kepala SMP/MTs, Kepala SMA/MA/SMK, Ketua MGMP Bahasa Inggris SMP, dipimpin oleh Plt. Sekda Kebumen Drs. H. Mahmud Fauzi, M.Si. dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, H. Ahmad Ujang Sugiono, S.H.  Turut hadir pula direktur lembaga FEE CENTER Pare - Kediri sebagai lembaga yang menjalankan teknis pendidikan di KIK Kabupaten Kebumen.

Data hasil survey pelaksanaan program KIK pada tahun 2016-2017 menunjukkan indikasi respon yang postif dari semua pihak responden baik kepala sekolah, guru pendamping (guru Bahasa Inggris), maupun siswa peserta kursus KIK. Segi kebermanfaatan program mendapat rerata penilaian sebesar 4,65 dari skala penilaian 1-5, atau dengan kata lain dinilai mendekati kriteria ‘Sangat Bermanfaat’ dari 466 responden. Oleh karena itu, hasil rapat ini menyetujui kelanjutan program KIK untuk periode tahun 2017-2018 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Kebumen untuk menjawab tantangan  zaman.  Sementara itu KIK sudah mulai dilirik peminat dari Propinsi lain hingga Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.